Daftar Blog Saya

Rabu, 30 Maret 2016

#Akuntansi Internasional Tugas 2 MNC Pocari Sweat

AKUNTANSI INTERNASIONAL
MNC (Multinational Corporation)


NAMA            :   Intan Rismar Masyitoh
NPM               :   23212754
KELAS           :   4EB22
DOSEN          :   Dini Andriani
MY BLOG     :   http://rismar-intan.blogspot.co.id/2016/03/tugas-2-akuntansi-internasional.html 

(MNC) Multinational Corporation atau Perusahaan multinasional adalah sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Contohnya termasuk Pocari Sweat sebuah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi di Jepang. Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka, dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung. Menjaga kegiatan asing dalam struktur perusahaan memungkinkan perusahaan menghindari biaya yang melekat oleh perantara, dengan entitas yang terpisah sambil memanfaatkan pengetahuan perusahaan mereka sendiri.

SEJARAH PERUSAHAAN

PT. Otsuka Pharmauchetical Co, Ltd pertama kali berdiri tahun 1921 oleh Bapak Busaburo Otsuka. Bapak Otsuka menemukan minuman isotonic pengganti Ion tubuh yang dinamakan Pocari Sweat. Sehingga pada tahun 1964 didirikan sebuah Pabrik Pocari Sweat yang terdapat di Jepang dengan nama Otsuka Pharmauchetical Co, Ltd. Untuk memproduksi Pocari Sweat dan sebagai Induk Perusahaan di seluruh dunia. Akhirnya pada tahun 1973 Pocari Sweat berhasil mengekspor ke luar Jepang untuk pertama kali. 
Pocari Sweat sendiri hadir di Indonesia tahun 1989 kemasan kaleng hanya 30.000 kaleng setahun dan mulai masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1990. Lalu pada tahun 1997 didirikan Perusahaan Pocari Sweat tepatnya di Sukabumi Factory, Jawa Barat dengan nama PT. Kapal Indah Otsuka. Selanjutnya tahun 1999 berganti nama menjadi PT. Amerta Indah Otsuka. Sehingga Perusahaan Pocari Sweat di Sukabumi mulai memproduksi Pocari Sweat tahun 2004. Tahun 26 Mei 2010 PT. Amerta Indah Otsuka Kejayan diresmikan dan mulai memproduksi April 2010. Pada generasi ke-3 Bapak Otsuka adalah Akihiko Otsuka yang mempunyai 153 perusahaan di 23 Negara, 105 pabrik, 44 pusat penelitian dan 39.000 karyawan diseluruh dunia.
Pada tahun 1991 Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd mendirikan PT. Amerta Indah Otsuka dengan membuka pabriknya di Lawang (Malang, Jawa Timur) yang memproduksi Pocari Sweat dengan dipimpin presiden direkturnya Yoshihiro Bando. Selama di bawah kendali PT. Otsuka Indonesia distribusi Pocari Sweat dijadikan satu dengan produk farmasi (obat-obatan) PT. Otsuka Indonesia yang menyebabkan pasar Pocari Sweat menjadi kurang jelas dan distribusinya menjadi tidak berjalan dengan baik. Agar lebih fokus, akhirnya diputuskan pemasaran dan distribusi Pocari Sweat sepenuhnya diserahkan ke PT. Amerta Indah Otsuka.
Setelah selama 13 tahun beroperasi dari tahun 1991 sampai 2004 pabrik di Lawang diputuskan untuk dipindahkan ke pabrik Sukabumi pada awal tahun 2004. Pertimbangannya adalah untuk lebih menekan biaya produksi dan transportasi serta memberikan kemudahan penyediaan bahan baku. Sejak dipindahkan ke Sukabumi pabrik mampu memproduksi Pocari Sweat dua kali lipat menjadi 14 juta kaleng per bulan. Pada tahun 2007 dibangun pabrik baru dengan fasilitas produksi PET (minuman kemasan botol) untuk memproduksi Pocari Sweat dalam bentuk botol. Menelan biaya investasi lebih dari Rp. 100 miliar, pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 250.000 botol per jam dan produk Pocari Sweat terus berkembang.

INDUK PERUSAHAAN

Induk Perusahaan Pocari Sweat terdapat di Jepang yaitu PT. Otsuka Pharmauchetical Co, Ltd. Pusat Cabang perusahaan di Indonesia adalah PT. Amerta Indah Otsuka yang terletak di Sukabumi Factory, Jawa Barat. Perusahaan Pocari Sweat di Sukabumi memiliki luas ± 22 hektar. Produk unggulan PT. Amerta Indah Otsuka adalah Minuman Isotonic Pocari Sweat (minuman ringan pengganti Ion tubuh yang hilang) dan Makanan Ringan Soyjoy (makanan yang memanfaatkan kedelai dan buah sehingga menjadi makanan yang sehat dan praktis ).

Presiden Komisionaris
:
Amir Basir
Presiden Direktur
:
Yoshihiro Bando
Induk Perusahaan
:
Grup
:
PT. Otsuka Indonesia, PT. Merapi Utama Pharma,
PT. Otsuka Jaya Indah, PT. Widatra Bhakti,
PT. Lautan Otsuka Chemical

CABANG PERUSAHAAN

PT. AMERTA INDAH OTSUKA atau yang lebih dikenal PT. POCARI SWEAT berada di Jl. Raya Pasuruan-Malang, 11 km dari Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan.  PT. Amerta Indah Otsuka memiliki luas ± 12 hektar.  Perusahaan ini diresmikan pada 26 Mei 2010 oleh Bapak Wakil Gubernur Jawa Timur 2009-2013 yang bernama Drs. H. Saifullah Yusuf, Executive Vice President Otsuka Pharmaceutical co., Ltd. Jepang Mr. Masayuki Umeno, dan Jajaran Direksi Perusahaan.
PT. Amerta Indah Otuka merupakan anak perusahaan otsuka Pharmaceutical co., Ltd. Yaitusebuah perusahaan yang bergerak dibidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang.PT Amerta Indah Otsuka bergerak di bidang bisnis minuman  isotonic,perusahaan ini dulu belum besar dan berkembang dibandingkan saudaranya PT.Otsuka Indonesia yang lebih dulu masuk ke Indonesia yang bergerak dibidang farmasi. PT. Amerta Indah Otsuka merupakan sebuah perusahaan yang memasarkan  produk minuman Pocari Sweat Indonesia.Belakangan ini selain memoroduksi minuman isotonik dengan merek Pocari Sweat, PT. Amerta Indah Otsuka juga memproduksi makanan ringan berbentuk bar yang terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli dengan merk Soyjoy.
Perusahaan ini mempunyai visi “to be a brilliant company by giving the most reliable contribution to consumers and societies” dan beberapa misi yaitu :
§  To develop and maintain high quality employees in order to ensure high quality product (Untuk mengembangkan dan mempertahankan karyawan berkualitas tinggi untuk memastikan produk berkualitas tinggi).
§  To ensure the needs and walfare of consumers and society as the main priority (Untuk memastikan kebutuhan dan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritas utama).
§  To develop and maintain mutual relationship with business partners (Untuk mengembangkan dan memelihara hubungan saling menguntungkan dengan mitra bisnis)
§  To become a trustable company (Untuk menjadi perusahaan terpercaya).
§  To become an effective and efficient company either in operational and financial (Untuk menjadi perusahaan yang efektif dan efisien baik dalam operasional dan keuangan).
§  To catch the oppurtunities in order to create new market for distributed high quality products to more consumers (Untuk menangkap peluang dalam rangka menciptakan pasar baru untuk mendistribusikan produk berkualitas tinggi untuk lebih banyak konsumen).

LABA / RUGI

§  Mulai tahun 2002, penjualan Pocari Sweat mendadak meningkat tajam. Penjualan Pocari Sweat mengalami pertumbuhan di atas 50% setiap tahun.
§  pembangunan berbagai fasilitas produksi Pocari tersebut dimaksudkan untuk merespon perkembangan pasar isotonik yang setiap tahunnya tumbuh sekitar 10%. Mengutip data Euromonitor, market size industri minuman secara all out tahun ini sebesar Rp 30 triliun.
§  Pertumbuhan Pocari Sweat sendiri, selama 2006-2007 berhasil melampaui rata-rata industrinya dengan pencapaian sebesar 31,6%. Dengan kondisi tersebut, Pocari saat ini berada di posisi market leader dengan market share sekitar 50%. Angka ini tentu masih bisa diperdebatkan karena Mizone pun mengklaim dirinya sebagai pemimpin pasar. Begitu pun target penjualan sebesar 380 juta kaleng pada akhir 2008 (dalam value sebesar Rp 21 triliun), bahkan 500 juta kaleng pada 2009-2010 akan tercapai.
  
KEKURANGAN DAN KELEBIHAN PERUSAHAAN

Kekurangan
§  Beberapa produk minuman isotonik pesaing terbukti menggunakan bahan pengawet berbahaya dalam produk minuman isotonik mereka. Kasus itu sempat mengganggu pasar minuman isotonik, termasuk Pocari Sweat.
§  Pocari sweat harus melalukan switching produk kepada konsumen secara agresif, setelah selama satu dasawarsa lebih banyak bersikap low profile. Selain itu rencana open factory yang diharapkan memancing emotional bonding untuk memupuk kecintaan terhadap produk.

Kelebihan
§  PT. Amerta Indah Otsuka pun terus melakukan edukasi pasar. Berbagai kegiatan komunikasi pemasaran digelar, mulai dari iklan di TV, media cetak, sponshorship, hingga berbagai kegiatan below the line dengan menghabiskan biaya miliaran rupiah.
§  Pocari Sweat terbukti tidak mengandung bahan pengawet berbahaya sehingga Pocari Sweat kembali mendapat kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, PT Amerta Indah Otsuka tidak khawatir dengan produk-produk baru yang menawarkan produk semacam Pocari Sweat. Hal ini karena Pocari Sweat merupakan produk yang sudah melewati uji klinis dan sudah terbukti khasiatnya, sehingga tetap dipercaya oleh konsumen.
§  Pocari Sweat merupakan trust brand, bukan taste brand. Pocari Sweat tetap konsisten menjaga kualitasnya, mempertahankan segmen pasarnya, dan tidak terbujuk untuk mengeluarkan produk dalam berbagai rasa. Pocari Sweat saat ini masih menjadi pemimpin pasar minuman isotonik di Indonesia.
§  Keunggulan minuman isotonik terletak pada kemampuan dalam menggantikan cairan tubuh secara efektif, sehingga secara tak langsung membantu kepada proses pemulihan tubuh dari kondisi sakit. 

Referensi:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar