Daftar Blog Saya

Senin, 24 Desember 2012

Pengantar Bisnis (Tulisan 4)


PENGANTAR BISNIS


  
TULISAN 4    :        PERSAINGAN  BISNIS di ERA GLOBALISASI MODERN

KELAS          :           1EB21

NAMA
NPM
AQLI AULIAWATI
21212022
FIKRIA ADDINA
22212950
INTAN RISMAR MASYITOH
23212754
PUTRI ARISTYA DEVI
25212756
RESTI JENITA
26212147
 

PENDAHULUAN


Pada masa era globalisasi seperti ini, banyak sekali bisnis yang terjadi di berbagai kalangan. Banyak perusahaan yang mencari cara untuk dapat mendapatkan terobosan baru. Hal ini di sebabkan semakin tingginya persaingan di masa era globalisasi ini. Kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan juga tingkat inovasi yang tinggi. Pada dasrnya perusahaan hanya sebagai perantara dari produsen ke konsumen untuk berbagai macam jenis bentuk usaha, dagang atau jasa. Dalam hal ini kebudayaan dari suatu negara, sangat berpengaruh pada tingkat bisnis suatu negara.
Globalisasi dari sisi ekonomi adalah suatu perubahan dunia yang bersifat mendasar atau struktural dan akan berlangsung terus dalam Iaju yang semakin pesat sesuai dengan kemajuan teknologi. Dalam era globalisasi peran transportasi dan komunikasi sangat penting, yang dapat menyebabkan terjadinya penipisan batas-batas antar negara ataupun antar daerah di suatu wilayah.
Kondisi perekonomian di indonesia belum dapat dikatakan stabil, sehingga masih banyak produk indonesia berada dibawah garis kemiskinan. Oleh karena itu, produksi yang dihasilkan harus menghasilkan barang yang harganya relatif lebih murah. Hal ini dapat dijadikan barometer suatu negara untuk tingkat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di suatu negara.


ISI


 Terjadinya persaingan dalam dunia bisnis tidak bisa dihindarkan lagi. Bahkan, persaingan tersebut semakin hari bertambah ketat. Boleh dikata, tak ada produk/jasa yang dipasarkan tanpa melewati arena persaingan. 
Dunia pemasaran dewasa ini selain harus bersifat customer oriented juga harus bersifat competition oriented. Bagaimanapun juga, peta persaingan mesti diperhitungkan bila tidak ingin tergilas oleh kegiatan pemasaran perusahaan pesaing. Secara langsung atau tidak langsung, persaingan bisnis ikut menentukan tingkat keuntungan yang diraih oleh perusahaan.
Persaingan itu dapat menyangkut berbagai hal dan bentuk. Di antaranya adalah persaingan untuk memperebutkan kemauan konsumen. Ada banyak cara untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk itu perlu diajukan pertanyaan “ Apakah yang dibeli oleh konsumen ? dan dengan cara cara apakah keinginan dan kebutuhan konsumen dapat dipuaskan ?”. Bila konsumen menginginkan hiburan dan anda bergerak di pasar pesawat televisi, misalnya, anda dapat mempertimbangkan segala bentuk sarana hiburan. Bentuk bentuk sarana hiburan ini antara lain dapat berupa : pesawat radio, perangkat stereo, perangkat video, alat permainan, sarana olahraga dalam ruang, dan lain sebagainya.
Salah satu faktor keberhasilan China menjadi dapur dunia adalah karena faktor mentalitas dan motivasi kerja yang luar biasa sehingga mereka mempunyai produktivitas kerja yang tinggi. Mereka bekerja bukan diukur oleh jam kerja melainkan oleh output yang harus mereka hasilkan. Bagaimana dengan pola pikir karyawan kita ? Bagaimana dengan peraturan yang ada di negara kita ? Apakah mendukung atau menciptakan kondisi yang membangun produktivitas kerja serta menjadi bagian dari budaya organisasi ? Kesadaran untuk memacu pola pikir karyawan perusahaan menjadi dasar dalam keberhasilan anda membangun change management perusahaan.


Sumber :

selasa, 25 desember 2012 pukul 13.00
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar