PENGANTAR BISNIS
TULISAN
4 : PERSAINGAN BISNIS di ERA GLOBALISASI MODERN
KELAS : 1EB21
NAMA
|
NPM
|
AQLI AULIAWATI
|
21212022
|
FIKRIA ADDINA
|
22212950
|
INTAN RISMAR MASYITOH
|
23212754
|
PUTRI ARISTYA DEVI
|
25212756
|
RESTI JENITA
|
26212147
|
PENDAHULUAN
Pada masa era
globalisasi seperti ini, banyak sekali bisnis yang terjadi di berbagai
kalangan. Banyak perusahaan yang mencari cara untuk dapat mendapatkan terobosan
baru. Hal ini di sebabkan semakin tingginya persaingan di masa era globalisasi
ini. Kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan juga tingkat inovasi yang
tinggi. Pada dasrnya perusahaan hanya sebagai perantara dari produsen ke
konsumen untuk berbagai macam jenis bentuk usaha, dagang atau jasa. Dalam hal
ini kebudayaan dari suatu negara, sangat berpengaruh pada tingkat bisnis suatu
negara.
Globalisasi dari sisi ekonomi
adalah suatu perubahan dunia yang bersifat mendasar atau struktural dan akan
berlangsung terus dalam Iaju yang semakin pesat sesuai dengan kemajuan
teknologi. Dalam era globalisasi peran transportasi dan komunikasi sangat
penting, yang dapat menyebabkan terjadinya penipisan batas-batas antar negara
ataupun antar daerah di suatu wilayah.
Kondisi
perekonomian di indonesia belum dapat dikatakan stabil, sehingga masih banyak
produk indonesia berada dibawah garis kemiskinan. Oleh karena itu, produksi
yang dihasilkan harus menghasilkan barang yang harganya relatif lebih murah.
Hal ini dapat dijadikan barometer suatu negara untuk tingkat pertumbuhan
ekonomi dan kesejahteraan rakyat di suatu negara.
ISI
Terjadinya
persaingan dalam dunia bisnis tidak bisa dihindarkan lagi. Bahkan, persaingan
tersebut semakin hari bertambah ketat. Boleh dikata, tak ada produk/jasa yang
dipasarkan tanpa melewati arena persaingan.
Dunia pemasaran dewasa ini selain harus
bersifat customer oriented juga harus bersifat competition oriented.
Bagaimanapun juga, peta persaingan mesti diperhitungkan bila tidak ingin
tergilas oleh kegiatan pemasaran perusahaan pesaing. Secara langsung atau
tidak langsung, persaingan bisnis ikut menentukan tingkat keuntungan yang
diraih oleh perusahaan.
Persaingan itu dapat menyangkut berbagai hal dan bentuk. Di antaranya
adalah persaingan untuk memperebutkan kemauan konsumen. Ada banyak cara untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk itu perlu diajukan pertanyaan “ Apakah yang
dibeli oleh konsumen ? dan dengan cara cara apakah keinginan dan kebutuhan
konsumen dapat dipuaskan ?”. Bila konsumen menginginkan hiburan dan anda
bergerak di pasar pesawat televisi, misalnya, anda dapat mempertimbangkan
segala bentuk sarana hiburan. Bentuk bentuk sarana hiburan ini antara lain
dapat berupa : pesawat radio, perangkat stereo, perangkat video, alat
permainan, sarana olahraga dalam ruang, dan lain sebagainya.
Salah satu faktor
keberhasilan China menjadi dapur dunia adalah karena faktor mentalitas dan
motivasi kerja yang luar biasa sehingga mereka mempunyai produktivitas kerja
yang tinggi. Mereka bekerja bukan diukur oleh jam kerja melainkan oleh output
yang harus mereka hasilkan. Bagaimana dengan pola pikir karyawan kita ?
Bagaimana dengan peraturan yang ada di negara kita ? Apakah mendukung atau
menciptakan kondisi yang membangun produktivitas kerja serta menjadi bagian
dari budaya organisasi ? Kesadaran untuk memacu pola pikir karyawan perusahaan
menjadi dasar dalam keberhasilan anda membangun change management perusahaan.
Sumber :
selasa, 25 desember 2012 pukul 13.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar