Daftar Blog Saya

Selasa, 25 Desember 2012

Pengantar Bisnis (Tulisan 6)


PENGANTAR BISNIS


  
TULISAN 6     :        BISNIS INDUSTRI GARMEN KREATIF

KELAS          :           1EB21

NAMA
NPM
AQLI AULIAWATI
21212022
FIKRIA ADDINA
22212950
INTAN RISMAR MASYITOH
23212754
PUTRI ARISTYA DEVI
25212756
RESTI JENITA
26212147


PENDAHULUAN


            Sejarah kebangkitan industri modern dimulai pada tahun 1820-1830 atau sering disebut dengan revolusi industri. Kebangkitan ini mengakibatkan berkembangnya penemuan-penemuan baru dibidang teknologi, seperti pembangunan proses produksi sampai penggunaan computer. Dampak lebih lanjut dari perkembangan teknologi ini adalah perkembangan organisasi dan kegiatan bisnis di tahun 1990-an. Sementara pada periode sebelum 1990-an persaingan merupakan kegiatan pembuatan produk sebanyak-banyaknya atau lebih dikenal dengan periode produksi masal, strategi kegiatan produksi lebih ditunjukan kearah internal perusahaan yang bertujuan untuk memperoleh efisiensi produksi. Baik preferensi manajerial, perilaku maupun persepsi, semuanya berorentasi ke mental produksi. Dari asfek politik, strategi bisnis seperti ini memerlukan proteksi secara ketat terhadap serangan dari luar.
Jika sebelumnya produsen dapat memaksakan kehendaknya kepada konsumen, maka yang terjadi selanjutnya adalah kebalikannya: konsumenlah yang justru memaksakan kehendaknya kepada produsen. Dengan demikian sangat terbukalah persaingan yang positif bagi persaingan usaha. Dan membuka peluang bagi usaha kecil untuk lebih berkembang. Dan sehingga perusahaan kecil sangat penting bagi kestabilan perekonomian Negara karena usaha kecil dinegara kita, paska krisis ekonomi 1998 ternyata mampu menyerap sumber daya manusia 99,4% dan sumbangan pada PDB 59,3%.
            Kedudukan dari usaha kecil di tengah-tengah kehidupan dunia usaha telah mendapat tempat yang baik, banyak menyerap tenaga kerja, ikut melancarkan perekonomian Negara, dan mampu hidup berdampingan dan menopang perusahaan besar. Usaha kecil juga bersifat lincah dan mampu hidup disela-sela perusahaan besar dengan strategi membuat produk yang unik dan khusus sehingga tidak menghadapi perusahaan besar sebagai pesaing.


ISI


        Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya.  Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi.

Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat, yaitu :

1.  Modal (Capital)
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.  Bahan-bahan (Materials)
Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3. Sumber Daya Manusia ( SDM)
Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.  Keterampilan Manajemen ( Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.

Strategi pemasaran perusahaan antara lain :

1.    Mencari sebuah tempat yang strategis, dimana banyak orang yang kita bidik untuk produk yang kita tawarkan sering lewat.
2.    Menampilkan barang-barang yang bisa mengundang atau memancing orang untuk datang dan melihat-lihat barang yang kita tawarkan.
3.    Memberikan suasana yang nyaman kepada pengunjung.
4.    Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada calon pembeli.
5.    Memberikan garansi kepada barang yang akan kita jual.
6.    Memasang label harga pada semua barang yang akan kita jual.
7.    Memberikan diskon atau potongan harga jika membeli dalam jumlah banyak.
8.    Memberikan diskon khusus kepada pembeli atau pelanggan setia.
9.    Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.
10. Menyediakan fasilitas pengantaran barang yang dibeli secara gratis.

Aspek Teknis Dan Teknologis

1. Rencana Jangka Pendek
Ø    Melakukan promosi, promosi dilakukan dengan cara menyebarkan selebaran dan memasang spanduk atau menempelkan reklame-reklame di tempat yang ramai dikunjungi orang. 
Ø   mengadakan diskon atau potongan harga untuk jangka waktu 1 bulan pertama pembukaan outlet.
Ø  memberikan souvenir untuk 100 orang pembeli pertama, guna menarik konsumen.

2. Rencana Jangka Menengah
Ø   Target pendapatan Rp/tahun
Ø   Promosi berjalan dengan lancar sehingga dapat menaikkan pasar.
Ø   Menciptakan inovasi lain yang menunjang.

3. Rencana Jangka Panjang
a. Membuka cabang diluar daerah.
b. Perluasan Bangunan
c. penyerapan tenaga kerja

4. Proses Produksi
·        Membuat desain dengan menggunakan teknologi komputer menurut pesanan  ataupun membuat inovasi baru.
·        Membuat pola dari hasil desain mengikuti mode dan trend ataupun sesuai pesanan dari konsumen.
·        Proses penyablonan bahan setengah jadi dengan menggunakan cat sablon sesuai pesanan dari konsumen.
·        Penjahitan bahan yang sudah selesai disablon.
·        Melakukan Pengobrasan kepada bahan yang sudah selesai dijahit.
·        Melakukan penjahitan dengan dikerjakan oleh mesin Overdek supaya bahan yang sudah jadi menjadi lebih rapid an kualitasnya lebih kuat tahan lama.
·        Melakukan pengistrikaan kepada bahan yang sudah selesai dijahit.
·        Melakukan pengepakan, supaya pakaian rapid an tetap menarik.
·        Melakukan penyimpanan di gudang jikalau barang belum diambil oleh konsumen.
·        Melakukan pengiriman jika konsumen meminta pesanan untuk dikirimkan.

            Didalam proses produksi ini lah ketelitian yang harus diutamakan karena banyak sekali barang yang diluar dugaan, terkadang ada yang gagal atau tidak layak dipasarkan kepada konsumen. Jadi pegawai di bagian produksi haruslah orang-orang yang mempunyai kemampuan dan keahlian di bidangnya, untuk menghindari resiko yang tidak di inginkan.


SUMBER :

Selasa, 25 Desember 2012 Pukul 13.50
Ø  Widyatmini. 1996. Diktat Pengantar Bisnis. Gunadarma : Jakarta.
Ø      DH Basu Swastha DR. 1998. Pengantar Bisnis Modern. Liberty : Yogyakarta.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar